Beda Honda City VTec dan i-DSI: Mana yang Lebih Unggul?

Yopie Setiawan

Honda City merupakan salah satu mobil sedan yang populer di Indonesia. Sedan ini dikenal dengan desainnya yang sporty dan mesinnya yang bertenaga. Ada dua tipe mesin yang ditawarkan Honda pada City, yakni VTec dan i-DSI. Kedua mesin ini memiliki karakteristik yang berbeda sehingga mempengaruhi performa dan efisiensi bahan bakar mobil.

Mesin VTec

VTec adalah singkatan dari Variable Valve Timing and Lift Electronic Control. Teknologi ini memungkinkan mesin menyesuaikan waktu dan lift katup intake sesuai dengan putaran mesin. Pada putaran mesin rendah, mesin VTec akan beroperasi dengan katup intake yang lebih kecil dan lift yang lebih rendah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.

Ketika putaran mesin meningkat, sistem VTec akan mengaktifkan katup intake kedua yang lebih besar dan lift katup yang lebih tinggi. Dengan demikian, aliran udara dan bahan bakar ke dalam silinder menjadi lebih besar, sehingga meningkatkan tenaga dan torsi mesin.

Kelebihan Mesin VTec:

  • Tenaga dan torsi mesin yang lebih besar pada putaran mesin tinggi
  • Responsif dan bertenaga pada akselerasi
  • Cocok untuk pengendaraan yang membutuhkan performa tinggi

Kekurangan Mesin VTec:

  • Konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi pada putaran mesin tinggi
  • Harga perawatan yang lebih mahal

Mesin i-DSI

i-DSI merupakan singkatan dari Intelligent Dual & Sequential Ignition. Teknologi ini menggunakan dua busi pada setiap silinder untuk menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna. Selain itu, sistem i-DSI juga mengontrol timing pengapian secara presisi untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar dan meminimalkan emisi gas buang.

Mesin i-DSI memiliki perbandingan kompresi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin VTec. Hal ini memungkinkan mesin menghasilkan torsi yang lebih besar pada putaran mesin rendah. Namun, tenaga mesin i-DSI pada putaran mesin tinggi tidak sebesar mesin VTec.

Kelebihan Mesin i-DSI:

  • Konsumsi bahan bakar yang lebih efisien
  • Emisi gas buang yang lebih rendah
  • Torsi yang lebih besar pada putaran mesin rendah
  • Harga perawatan yang lebih terjangkau

Kekurangan Mesin i-DSI:

  • Tenaga mesin yang lebih kecil pada putaran mesin tinggi
  • Kurang responsif pada akselerasi

Perbandingan Honda City VTec dan i-DSI

Berikut ini adalah tabel perbandingan antara Honda City VTec dan i-DSI:

Fitur VTec i-DSI
Tipe Mesin Variable Valve Timing and Lift Electronic Control Intelligent Dual & Sequential Ignition
Perbandingan Kompresi 10,5:1 11,5:1
Tenaga Maksimum 120 dk pada 6.600 rpm 100 dk pada 6.000 rpm
Torsi Maksimum 145 Nm pada 4.800 rpm 143 Nm pada 4.800 rpm
Akselerasi 0-100 km/jam 8,5 detik 9,5 detik
Konsumsi Bahan Bakar 12 km/liter 14 km/liter
Harga Perawatan Lebih mahal Lebih terjangkau

Mana yang Lebih Baik: VTec atau i-DSI?

Pilihan antara Honda City VTec dan i-DSI tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing pengendara. Jika mencari sedan dengan performa tinggi dan responsif, maka VTec adalah pilihan yang tepat. Namun, jika lebih mengutamakan efisiensi bahan bakar dan biaya perawatan yang lebih terjangkau, maka i-DSI merupakan pilihan yang lebih baik.

Bagi pengendara yang sering berkendara dengan kecepatan tinggi dan membutuhkan tenaga ekstra, VTec akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan. Namun, bagi pengendara yang lebih sering berkendara di perkotaan atau mengutamakan penghematan bahan bakar, i-DSI adalah pilihan yang lebih praktis dan ekonomis.

Also Read

Bagikan:

[addtoany]

Tinggalkan komentar